Cara Buka Usaha Snack Kiloan

Sadar nggak sih kalau dalam keadaan sulit kita jadi sering bisa berpikir kreatif? Contohnya pada masa pandemi ini. Meskipun riset mengatakan bahwa Usaha Kecil Menengah sedang turun-turunnya, namun tak sedikit juga lho usahawan yang justru membuka usaha baru di masa pandemi ini dan mendapatkan keuntungan. Salah satunya adalah usaha snack kiloan.

Yup memang camilan adalah satu teman untuk menghabiskan waktu senggang di rumah. Nggak heran kalau banyak masyarakat mencari camilan saat harus berada di rumah aja. Belinya pun tak sedikit. Banyak pelanggan justru membeli snack kiloan untuk menemaninya beraktivitas. Peluang inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi usahawan snack kiloan.

Di mana kamu harus menjual snack kiloan? Apakah harus di pasar? Nop! Tenang aja, kamu bisa menjual snack kiloan kamu melalui platform penjualan online seperti media sosial dan e-commerce. Supaya pemasarannya lebih optimal, kamu perlu dukungan fotografi untuk produk, mempercantik akun media sosial atau e-commerce kamu, bahkan menyiapkan promo menarik.

Wah, jadi nggak sabar ingin segera mulai ya BossQ? Yuk baca poin-poin di bawah ini supaya kamu bisa tahu bagaimana trik memulai usaha snack kiloan yang bikin pendapatan kamu jadi naik secara signifikan.

Modal yang Dibutuhkan untuk Usaha Snack Kiloan

Terhimpit modal usaha namun tetap ingin membuka usaha snack kiloan? Tenang saja, kamu masih bisa menjajal peruntungan di usaha ini. Mungkin kalau dibayangkan caranya cukup sederhana, yaitu me-repack snack menjadi kemasan yang lebih kecil. Peluangnya juga cukup prospektif lho. Nggak percaya? Coba aja kamu scroll down untuk tahu berapa estimasi modal yang kamu butuhkan beserta biayanya.

Bila kamu ingin melakukannya di rumah tanpa harus menyewa ruangan khusus proses mengemas. Kamu tentu hanya memerlukan timbangan, sealer, pisau, toples besar, dan aneka macam snack dalam bentuk bal-balan. Dari seluruh modal ini, kamu bisa menghabiskan modal kurang dari Rp1 juta.

Lalu bayangkan bila kamu bisa menjual 100 kemasan dengan harga Rp 5000 saja. Tentu kamu bisa memperoleh Rp500 ribu dalam satu gelombang. Ayo bagaimana kalau ternyata kamu berhasil menjual 100 pack dalam sebulan. Tentu kamu bisa mendapatkan Rp15 juta dalam sebulan. Keren banget, kan?

Agar kamu bisa memperoleh lebih banyak keuntungan, kamu bisa lho memproduksi snack tersebut di rumah. 😉

Cara Untung Besar dengan Usaha Snack Kiloan

Kebiasaan ngemil banyak orang tentu menjadi peluang berharga untuk pengusaha snack kiloan. Apalagi usaha ini bisa terbilang mudah. Menyadari hal tersebut, tentu banyak juga orang yang melirik usaha ini. Kamu pun akan memiliki banyak kompetitor. Lalu apa yang bisa kamu lakukan agar usaha kamu dilirik bahkan memiliki untung besar-besaran.

Yuk simak tipsnya berikut ini, BossQ!

Pertama-tama, amati pasar terlebih dahulu. Ya tahap ini tentu merupakan langkah awal yang umum dilakukan pengusaha sebelum memutuskan membuka usaha. Carilah informasi tentang pasar di pasar tradisional, toko, warung, maupun swalayan besar sekalipun. Amati snack apa saja yang disukai oleh pasar dan berapa banyak snack sejenis yang dijual di pasaran. Setelah itu, amatilah harga-harga dari snack tersebut. .

Kemudian, pilihlah snack yang banyak disukai oleh orang lain, antara lain basreng, kerupuk kulit, kerupuk pedas, basreng, dan lainnya. Kemudian cari informasi juga snack apa yang akan laku keras. Setelah itu, kamu bisa memperluas area penjualan, misalnya bila sebelumnya di kantor, kamu bisa memperluasnya ke sekolah-sekolah, ataupun area kampus yang banyak dikelilingi dengan area kos-kosan. Ada lagi nih yang tak boleh ketinggalan, yaitu pastikan apa saja apa yang kamu harapkan dari produk yang kamu tawarkan.

Setelah menentukan snack apa saja yang akan kamu jual, jangan lupa membuat branding atau merek sendiri. Pastikan merek dagang yang kamu gunakan itu mudah diingat ya, BossQ. Merek yang mudah diingat tentu akan memudahkan kamu dalam mempromosikan produk saat pertama kali.

Sementara untuk harga snack kiloan yang bisa kamu tawarkan juga pastikan sesuai dengan standard harga. Sebab mematok terlalu murah, tentu bisa membuat usaha snack kiloan kamu dicurigai produk kadaluarsa atau lainnya. Begitupun juga sebaliknya. Sebaiknya hindari mematok harga terlalu mahal. Ini tentu akan mengurangi ketertarikan konsumen pada snack yang kamu jual.

Bila merek dagang dan harga jual sudah ditetapkan, ini saatnya kamu untuk menentukan kemasan yang menarik serta berkualitas. Selain memang enak untuk dipandang, kemasan snack juga harus nyaman, membuat produk awet dan terjaga kualitasnya. Nggak berhenti sampai di sini, usaha pun dilanjutkan dengan mencari penyuplai tetap. Sebab nggak banyak penyuplai tetap seperti toko dan pasar swalayan yang mau menerima snack kemasan ulang.

Kesulitan mencari penyuplai tetap? Jangan berhenti di satu penjual saja, jadilah pedagang konsinyasi. Tetaplah mencari toko atau swalayan lain yang bisa membuat kamu “menitip” produk. Selain mencari penyuplai tetap, kamu juga bisa lho membuka toko di e-commerce atau social media. Semakin banyak channel tentu akan semakin mudah produk kamu dijangkau, kan? Jika sudah memiliki banyak channel di e-commerce, jangan lupa sebarkan dengan hanya satu link Website Usaha. Ya, dengan Website Usaha dari Qasir, kamu bisa memasukkan semua link media sosial, marketplace (link di e-commerce) juga link GoFood/GrabFood kamu.

Namun pastikan jika kamu sudah punya aneka channel, tugaskan satu admin yang bertanggung jawab merespon pesanan ya. Jangan sampai deh kita bikin pelanggan kita jadi kecewa karena kita terlambat merespon.

Sukses dengan dua atau tiga jenis snack kemasan, ini saatnya kamu bisa memperbanyak jenis produk dan rasa. Kamu bisa mulai mengemas snack dari biskuit, kacang, hingga minuman mengandung susu yang lezat. Beranikan diri mencoba produk dengan rasa berbeda-beda tentu bisa bikin cuan kamu jadi berlipat ganda. Ayo masih mau diam diri saja di rumah dan menunggu penghasilan yang datang? Yuk mulai eksplor rasa dan varian snack yang berbeda!

Agar tambah laris manis, cobalah membuat promo untuk konsumen yang menarik. Promo ini tak hanya berfungsi untuk menambah loyalitas pelanggan tetapi juga cara agar menghargai mereka telah menjadi pelanggan.

Apa saja sih program promo yang bisa kamu berikan untuk pelanggan? Ya tentu ada banyak sekali promo yang bisa kamu lakukan. Dari mulai promo offline atau online yang bekerjasama dengan e-commerce tempat kamu meletakkan toko. Salah satu yang paling umum adalah buy one get one, lalu ada juga dengan potongan harga bila pelanggan beli lebih dari tiga kemasan atau varian.

Selain bermain di area offline, kamu juga bisa bisa memberikan voucher potongan harga atau ongkos kirim untuk pelanggan yang membeli banyak. Ada pula promo yang berkaitan dengan media sosial, seperti follow untuk mendapatkan diskon. Banyak deh, BossQ. Yuk mulai pilih promo yang sesuai dengan kondisi usaha kamu.

Untuk membuat aneka promo dan diskon di tokomu, kamu bisa menggunakan fitur hebat dari Qasir yang namanya Kelola Diskon. Fitur ini membantu kamu mengatur aneka diskon secara otomatis, baik itu diskon cashback atau pun diskon dengan persentase.

 

 437 total views,  23 views today