Cara Membuka Usaha Laundry

Cara Membuka Usaha LaundrySalah satu usaha di bidang jasa yang bisa dipilih adalah usaha laundry. Jenis usaha ini tidak memerlukan skill atau keahlian yang mendalam dari para pelakunya. Selain itu, bisa dijalankan dari skala yang kecil atau laundry rumahan, sehingga jauh lebih mudah untuk direalisasikan.

Meski jasa laundry terbilang jenis usaha jasa yang sederhana, tetapi jika menjalankannya tidak dilakukan dengan cara yang tepat maka hasilnya pun bisa merugi. Untuk itu, diperlukan cara-cara khusus dan tepat dalam memulai usaha laundry tersebut. Karena dengan perencanaan yang matang, maka usaha jasa laundry yang dibuka bisa berkembang dengan lebih baik.

Bagi para pemula yang tertarik untuk menjalankan usaha ini, berikut ini beberapa tahapan yang harus Anda lakukan dalam memulai bisnis laundry agar laris dan sukses:

1. Memahami Seluk Beluk Laundry Terlebih Dulu
Dalam membuka usaha atau bisnis laundry kiloan ada baiknya Anda paham tentang seluk beluk laundry tersebut. Lakukan riset tentang kegiatan laundry, misalnya dengan bertanya pada orang yang paham tentang laundry. Contohnya tanyakan bagaimana peluang usaha ini, apa saja persiapan peralatan yang harus disiapkan, bagaimana desain pelayanan yang tepat, berapa biaya operasional dan sebagainya. Ini adalah hal paling basic atau dasar sebelum memutuskan untuk membuka usaha jasa laundry. Dengan memperkaya pengetahuan Anda tentang usaha ini, maka kegagalan bisnis bisa diminimalisir karena persiapan yang Anda miliki sudah matang.

2. Menghitung Biaya Modal
Modal dalam membuka usaha di bidang laundry ini tidak sesederhana yang dibayangkan. Karena Anda tidak hanya harus membeli mesin cuci dan setrikanya saja, ada beberapa faktor lain yang diperlukan. Faktor tersebut akan menjadi penentu biaya modal yang harus dimiliki. Misalnya untuk menyewa tempat, upah karyawan, dan peralatan penunjang lainnya.
Apakah menggunakan dana pribadi Anda sudah cukup, atau perlu menambah modal dengan pinjaman usaha. Semua perhitungan ini akan tampak ketika Anda melakukan perhitungan yang matang. Setelah modal terpenuhi, maka rencana usaha bisa segera dieksekusi.

3. Menentukan Lokasi yang Tepat
Kestrategisan lokasi yang Anda pilih dalam memulai bisnis laundry juga menjadi faktor penentu kesuksesan Anda dibidang ini. Jika Anda salah memilih tempat maka Anda bisa mengalami kerugian karena kurang laku. Tentukan dahulu target pasar Anda, baru kemudian Anda bisa menentukan di mana lokasi yang tepat sasaran. Biasanya, orang-orang yang memerlukan jasa laundry adalah anak mahasiswa, pekerja kantoran, dan rumah tangga.

4. Amati Bagaimana Jasa Laundry Kompetitor
Bisnis laundry kini sudah tersebar dengan luas sehingga banyak sekali orang yang membuka bisnis tersebut. Maka, ketika Anda menentukan lokasi untuk membuka jasa layanan laundry, perhatikan juga bagaimana usaha yang dijalankan oleh kompetitor di area tersebut. Dengan melihat bagaimana kompetitor menjalankan usahanya, maka Anda bisa mencari strategi lain yang lebih jitu agar bisa memenangkan persaingan.

5. Menentukan Harga Jasa
Anda juga harus mencari tahu berapa harga pasaran jasa layanan laundry yang ada di area tempat Anda membuka usaha tersebut. Penentuan harga juga menjadi salah satu strategi penjualan yang tepat. Jangan lupa untuk menghitung biaya-biaya yang Anda keluarkan saat Anda akan menentukan harga.

6. Manfaatkan Teknik Pemasaran Digital
Ada banyak sekali teknik pemasaran yang bisa Anda pilih untuk mempromosikan usaha laundry Anda. Salah satunya adalah pemasaran digital. Mengapa hal ini lebih disarankan? Sebab, teknik pemasaran digital cenderung mengeluarkan biaya yang lebih kecil untuk operasionalnya. Sehingga akan sangat cocok digunakan untuk pemilik usaha pemula.

Manfaatkan berbagai platform media sosial gratis seperti instagram, twitter, facebook, dan juga Whatsapp. Buatlah promosi yang menarik dan kekinian sehingga usaha laundry Anda bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat.

Usaha laundry memang menjadi salah satu jenis usaha di bidang jasa yang menjanjikan. Namun, sebelum memulainya persiapan yang matang tentu diperlukan. Tujuannya agar resiko kegagalan usaha akibat kurangnya persiapan bisa dihindari. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id terlebih dahulu sebelum memulai usaha ini.

Dengan berkonsultasi kepada ahli, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan bekal yang matang untuk menjalani usaha laundry. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 441 total views,  27 views today